Khasiat Buah Pala yang Jarang Diketahui

Khasiat Buah Pala yang Jarang Diketahui – Sebenarnya pala termasuk buah yang langka, karena pohon pala tidak ini tidak bisa dijumpai di seluruh wilayah Indonesia. Hanya daerah-daerah tertentu saja yang dikenal sebagai penghasil pala. Meskipun pala merupakan rempah-rempah yang cukup mudah dijumpai akan tetapi buah pala termasuk buah langka.

Buah pala banyak dijumpai sebagai rempah-rempah untuk dijadikan campuran masakan. Tanaman ini memiliki banyak khasiat mulai dari kulit, daging, biji, dan buahnya. Terdapat berbagai senyawa kimia yang terkandung dalam buah pala dan sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut ini adalah beberapa Khasiat Buah Pala bagi kesehatan, diantaranya:

Khasiat Buah Pala Mencegah Berbagai Jenis Penyakit

1. Mengatasi Insomnia
Insomnia atau susah tidur pasti pernah dialami oleh sebagian besar manusia yang disebabkan berbagai macam faktor. Ketika anda susah memejamkan mata padahal besok harus berkativitas seperti biasa, entah kerja, sekolah, kuliah, dan lain sebagainya pasti akan merasa terganggu.
Insomnia tidak baik untuk kesehatan anda karena dapat menimbulkan badan tidak fit. Atasilah hal ini dengan ramuan dari buah pala yang dicampur dengan bahan lainnya seperti, segelas susu segar yang sudah didihkan, 1 sdt madu, 1 sdt biji pala halus, dan ½ sdt gula batu. Campur semua bahan dan saring lalu minum airnya ketika masih hangat.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Goji Berry Untuk Kesehatan

2. Mengatasi Nyeri Saat Haid
Sebagian besar perempuan yang sedang haid akan mengalami nyeri yang sangat tajam sehingga tidak bisa melakukan aktivitas secara normal. Nyeri pada haid memang wajar dialami oleh perempuan namun jika tidak bisa melakukan aktivitas dengan normal akan merugikan diri anda sendiri.
Obati rasa nyeri saat haid dengan merebus ½ sdt pala halus yang dicampur 2 kunyit, 6 butir ketumbar, 1 buah cengkeh, dan segelas air. Kemudian rebuslah hingga airnya tinggal setengah, lalu saring dan minum airnya.
3. Mengatasi Masuk Angin, Cegukan, dan Gejala Maag
Ramuan herbal buah pala untuk obat masuk angin, cegukan, dan gejala maag adalah sama yakni dengan seduhan 1 sdt pala halus dan 2 sdt bubuk buah pisang batu. Kemudian diseduh dengan 100 ml air hangat. Anda dapat meminumnya selagi hangat beserta ampasnya.
4. Menghilangkan Mual dan Muntah
Buah pala mempunyai sifat Antiemetik, yang bermanfaat untuk menghilangkan mual dan juga muntah. 
5. Mengobati Influenza
Dalam terdapat kandungan Asam Oleanolat, yaitu senyawa yang sifatnya sebagai antivirus.
6. Menghilangkan Bau Badan
Seringkali dipakai untuk bahan pembuatan Minyak Atsiri. Kandungan Limonene yang terdapat pada buah pala berkhasiat untuk menghilangkan bau badan dan bau mulut.

Baca Juga: Manfaat Buah Pare Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah pala yang banyak dijumpai jatuh di jalanan ini tidak disangka dapat menjadi obat herbal alami untuk menyembuhkan penyakit. Khasiat Buah Pala yang berguna untuk kesehatan tubuh manusia ini banyak dijadikan tanaman hias oleh sebagian orang.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan