Kumpulan Bacaan Niat Shalat Sunnah Rawatib Lengkap

Niat Shalat Sunnah Rawatib – Pada waktu sekarang ini, kami selaku admin situs shaleha akan kembali membahas ulasan artikel seputar Shalat Sunnah yang ada di dalam agama Islam. Seperti yang kita ketahui bahwa di dalam agama Islam terdapat beberapa macam Shalat Sunnah yang bisa umat Islam kerjakan. Dan salah satu Shalat Sunnah yang akan kami bahas untuk anda pada saat ini yakni Shalat Sunnah Rawatib, dimana kami akan membahas mengenai Macam Macam Shalat Sunnah Rawatib dan juga bacaan Niatnya.

shalat rawatib

Pengertian Shalat Sunnah Rawatib yaitu shalat sunnah yang dikerjakan sebelum atau sesudah shalat fardhu lima waktu yang selalu dikerjakan oleh Baginda Nabi Muhammad Saw. Dan jika melihat waktu mengerjakan Shalatnya, Shalat Rawatib ini dibagi menjadi 2 macam yaitu Shalat Sunnah Rawatib Qobliyah dan sholat sunnah rawatib Ba’diyah.

  • Shalat Sunnah Rawatib Qobliyah merupakan shalat sunnah yang dikerjakan sebelum Shalat Wajib.
  • Shalat Sunnah Rawatib Ba’diyah merupakan shalat sunnah yang dikerjakan atau dilaksankan setelah shalat fardhu atu wajib.

Hukum Shalat Sunnah Rawatib

Itulah sedikit pengertian Shalat Sunnah Rawatib Qobliyah dan Rawatib Ba’diyah, jika dilihat dari segi Hukumnya pun, Hukum Shalat Rawatib dibagi menjadi 2 macam yakni sunnah rawatib mu’akkad dan rawatib ghoiru mu’akkad. Melihat penjelasan mengenai pengertian Shalat Sunnah Rawatib, maka Shalat Sunnah Rawatib dibagi menjadi beberapa macam.

Shalat Sunnah Rawatib Mu’akkad

Pengertian Shalat Sunnah Rawatib Mu’akkad merupakan shalat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan atau dikerjakan. Untuk mengetahui apa saja Shalat Sunnah Rawatib Mu’akkad, anda bisa melihatnya dibawah ini

  • 2 rakaat sebelum shalat Zhuhur
  • 2 rakaat sesudah shalat Zhuhur
  • 2 rakaat sesudah shalat Maghrib
  • 2 rakaat sesudah shalat isya’
  • 2 rakaat sebelum shalat shubuh
  • 2 rakaat sesudah shalat Jum’at

Enama Shalat Sunnah Rawatib Mu’akkad diatas sangat dianjurkan untuk dikerjakan,sebagaimana yang diterangkan oleh Nabi Muhammad Saw dalam sabdanya yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim dari Ibnu Umam ra.

Hadist Nabi Muhammad

Sudah sangat jelas, sebagaimana yang sudah diterangkan pada hadist Nabi diatas bahwa Shalat Sunnah Rawatib yang paling utama yaitu dikerjakan atau dilaksanakan di dalam rumah. Ini juga di jelaskan oleh Nabi Muhammad Saw dalam sabdanya, yang ada dibawah ini.

Hadist Shalat Rawatib

Kiranya itu penjelasan mengenai anjuran mengerjakan Shalat Sunnah Rawatib yang bisa anda ketahui dan pelajari. Selanjutnya untuk Bacaan Niat Shalat Sunnah Rawatib, anda bisa membacanya di bawah ini.

Niat Shalat sunnat Qobliyah Subuh

Niat Shalat sunnat Qobliyah Subuh

Niat Shalat Sunnah Qobliyah Zhuhur

Niat Shalat sunnat Qobliyah Subuh

Niat Shalat Sunnah Ba’diyah zhuhur

Niat Shalat sunnat ba’diyah zhuhur

Niat Shalat Sunnah Ba’diyah Maghrib

Niat Shalat sunnat Ba’diyah Maghrib

Niat Shalat Sunnah Ba’diyah ‘Isya

Niat Shalat sunnat ba’diyah ‘Isya

Niat Shalat Sunnah Ba’diyah Jum’at

Niat Shalat sunnat ba’diyah jum’at

Penjelasan diatas merupakan beberapa macam dan Niat Shalat Sunnah Rawatib Mu’akkad yang bisa anda baca, selanjutnya yang akan kami bahas yaitu Shalat Sunnah Rawatib Ghoiru Mu’akad. Untuk penjelasan lebih jelasnya, simak ulasan pembahasannya dibawah ini.

Shalat Sunnah Rawatib Ghoiru Mu’akad

Pengertian Shalat Sunnah Rawatib Ghoiru Mu’akad sendiri merupakan shalat sunnah rawatib yang tidak begitu terlalu diutamakan atau dianjurkan untuk mengerjakannya. Meski tidak terlalu diutamakan tetapi Shalat Sunnah Rawatib Ghoiru Mu’akad juga memiliki keistimewaan. Kemudian ada beberapa macam sunnah rawatib ghoiru muakkad yang bisa dikerjakan oleh kita semua diantaranya

  • 4 rakaat sebelum shalat ashar
  • 2 rakaat sebelum shalat maghrib
  • 4 atau 6 rakaat sebelum shalat isya

Untuk lebih jelasnya lagi, kami akan membahas satu persatu Niat Shalat Sunnah Rawatib Ghoiru Mu’akad supaya anda lebih paham dan lebih jelas lagi.

Niat Shalat Sunnah Qobliah Ashar

Niat Shalat sunnat qobliah ashar

Niat Shalat sunnah Qabliah Maghrib

Niat Shalat sunnat qabliah maghrib

Niat Shalat Sunnah Qabliah Isya

Niat Shalat sunnah qabliah isya

Demikianlah pembahasan mengenai penjelasan Niat Shalat Sunnah Rawatib Lengkap yang bisa kami bahas untuk anda semua, kami berharap dengan adanya pembahasan artikel mengenai Shalat Sunnah Rawatib bisa menambah ilmu agama lebih banyak lagi.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan