Kumpulan Bacaan Surat Pendek Al Quran dan Terjemahannya

Surat Pendek Al Quran -Allahmudillah atas izin Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang, pada kesempatan ini kami akan membahas artikel mengenai Bacaan Surat Pendek Al-Qur’an. Seperti yang kita ketahui bersama,Al-Qur’an merupakan kitab suci bagi umat Islam. Kitab Al-Qur’an sendiri adalah kitab dari penyempurnaan kitab kitab sebelumnya seperti zabur, taurat dan injil. Bagi umat Islam sendiri percaya bahwa Al-Qur’an adalah puncak dan penutup wahyu Allah yang diturunkan bagi semua manusia yang disampaikan kepada Nabi Muhammad melalui perantaraan Malaikat Jibril.

Al-Qur'an

Al-Qur’an sendiri terdiri dari 6236 ayat, 114 surah dan 30 juz yang pada surat terdiri dari beberapa ayat. Untuk surat terpanjang yang ada di dalam Al-Quran sendiri yaitu surat Al Baqarah yang terdiri dari 286 ayat. Kemudian untuk surat yang paling pendek sendiri yaitu surat Al Kautsar yang terdiri dari 3 ayat. Dan pada kesempatan ini kami akan mencoba mengulas atau membahas artikel mengenai Surat pendek Al-Qur an beserta terjemahannya.

Manfaat membaca Al-Quran

Namun sebelum kami menghadirkan Surat pendek Al-Quran, kami akan membahas terlebih dahulu Manfaat membaca surat yang ada di dalam Al-Qur’an. Manfaat membaca Al-Qur’an bagi umat Islam sendiri yaitu dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan apabila dibaca dengan khusu, dipahami dan apa yang di jelaskan dalam Al-Qur’an di amalkan secara sungguh sungguh. Itulah sedikit manfaat membaca surat Al-Qur’an yang bisa kami anda tahu, sebenarnya masih banyak sekali manfaat yang akan didapatkan bagi yang mau membacanya. Terus untuk Bacaan Surat pendek Al-Qur an, anda bisa melihatnya dibawah ini.

Bacaan Surat Pendek Al Quran dan Terjemahannya

Surat Al-Ma’un

Surat pendek Al-Quran pertama adalah Surat Al-Ma’un yang merupakan Surat ke 107 yang ada di dalam Al-Qur’an. Suarat pendek ini termasuk surat makkiyah yang terbagi atau terdiri dari atas 7 ayat. Untuk isi Surat Al-Ma’un menjelaskan tetang ancaman terhadap mereka yang tergolong menodai agama seperti orang yang dzalim terhadap anak yatim, ria dan lain sebagainya. Kemudian untuk Bacaan Surat Al-Ma’un sendiri, anda bisa melihatnya dibawah ini beserta terjemahannya.

Surat Al-Ma'un

Surat Al-‘Asr

Surat pendek Al Quran yang kedua yaitu Surah Al-‘Asr, surat pendek ini merupakan surat yang ke 103 dalam Al-Qur’an yang tergolong surat makkiyah yang terdiri dari 3 ayat. Isi Surat Al-‘Asr menjelaskan tentang mengabarkan atau memberitahu bahwa sesungguhnya manusia akan akan berada dalam keadaan merugi kecuali mereka yang selalu beramal saleh.

Surat Al-'Asr

Surat Al-Falaq

Surat pendek selanjutnya yang bisa anda amalkan atau anda baca ketika mengerjakan shalat wajib yaitu Surat Al-Falaq. Surat ini merupakan surat ke 113 yang penamaannya di ambil dari kata Al-Falaq yang tergolong ke dalam surat Makkiyah. Untuk bacaan suratnya, anda bisa melihatnya dibawah ini.

Surat Al-Falaq

Surat Quraisy

Surat pendek ini merupakan surat ke 106 yang terdapat dalam Al Qur’an yang terdiri dari 4 ayat dan termasuk golongan surat makkiyah. Isi Surat Quraisy menjelaskan tentang kehidupan orang Quraisy seperti menjelaskan kewajiban yang harus mereka penuhi atau jalani

Surat Quraisy

Surat Al-Fil

Surat ini merupakan surat urutan ke-105 dalam Al-Qur’an yang terdiri dari 5 ayat dan tergolong ke dalam surat makkiyah. Untuk arti nama Al-Fil sendiri berarti gajah, sementara untuk ISi kandungan Surat Al-Fil sendiri yaitu menceritakan gagalnya saha penghancuran Ka’bah oleh Abrahah.

Surat Al-Fil

Surat An- Nas

Kemudian Surat pendek Al Quran selanjutnya yang bisa anda baca atau amalkan yaitu Surat An – Nas. Surat ini merupakan surat penutup atau surat ke 114 dalam Al- Qur’an yang termasuk golongan makkiyah yang berisi tentang anjuran atau himbauan kepada manusia untuk meminta atau memohon perlindungan kepada Allah darii hasutan atau rayuan jahat setan yang ada pada diri manusia.

Surat An-Nas

Demikianlah ulasan artikel mengenai Kumpulan Surat pendek Al Quran yang bisa kami bahas untuk anda, surat pendek tersebut bisa anda baca saat anda mengerjakan shalat fardu maupun shalat sunnah. Dan kami rasa untuk bacaanya, anda semua sudah hafal bacaanya karena sudah sejak kecil surat pendek selalu di ajarkan guru agama maupun ustad yang mengajarkan kita ngaji. Dan apabila anda ingin mengetahui, cara menjaga hubungan baik dengan mertua anda bisa melihat pembahasan artikelnya di pembahasan artikel sebelumnya

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan