Macam-macam syirik dalam Islam – bagian II

Melanjutkan pembahasan kita tentang macam-macam syirik bagian pertama. Berikut ada yang namanya Syirik kecil.

Syirik  kecil

Jenis  syrik yang kedua adalah syirik kecil, syirik ini tidak menjadikan pelakunya keluar dari agama islam. tetapi sahabat, syirik ini tetap dosa besar, tidak peduli seberapa kecil perbuatan dan akibatnnya.

Sebab  syirik tetaplah syirik, perbuatan dzalim yang tetap mengurangi ketahuidan kita. ia juga dapat menjadi pintu atau jalan kepada syirik yang lebih besar. Maka, waspada akan bujukan syetan yang terkutuk.

Syirik kecil dibedakan atas dua macam.

Syirik  zhahir (nyata)

Yang  pertama adalah syirik zhahir atau syirik nyata yang berhubungan dengan perbuatan atau ucapan. misalnya ketika kita mengucapkan sumpah selain nama Allah. Atau  bersyukur atas suatu kejadian terhindari dari bala dikarenakan selain Allah. mengucapkan berserah diri selain kepada Allah dan mengatakan kesetaraan antara seseorang dengan Allah.

Syirik  khafi (tersembunyi)

Syirik  kecil yang kedua adalah syirik khafi atau syirik yang tersembunyi. sesuai dengan namanya, syirik jenis ini tidak berhubungan dengan perbuatan atau ucapan, tetapi berupa keinginan atau niat dalam hati.

Perbuatan-perbuatan yang digolongknan dalam syirik tersembunyi antara lain riya atau ingin dipuji orang, ingin didengar orang (sum’ah).

Contoh  konkrit dalam ibadah sehari-hari, misalnya melakukan suatu amal tertentu untuk mendekatkan diri kepada Allah, tetapi ia ingin men-dapatkan pujian manusia, misalnya dengan memperindah shalatnya (karena dilihat orang) atau bershadaqah agar dipuji dan memperindah suaranya dalam membaca (Al-qur-an) agar didengar orang lain, sehingga mereka menyanjung atau memujinya.

Demikianlah penjelasan syirik dan juga beberapa macam perbuatan yang dikategorikan dalam syirik. Dengan uraian di atas semoga kita lebih memahami dan mampu membedakan manakah perbuatan yang syirik dan manakah perbuatan yang hanya bergantung kepada Allah Aja Wazalla.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan