Dua hal yang ditakutkan Rasulullah atas umatnya

Diceritakan Shaddad ibnu Aws (RA) pernah menangis tersedu-sedu. Orang-orang yang melihatnya bertanya-tanya mengapa ia menangis, dan dia menjawab: Ini adalah sesuatu yang saya dengar dari Rasulullah SAW yang membuat saya menangis saat mengingatnya.

Rasulullah SAW mengatakan: Aku takut umatku akan berbuat syirik (menyekutukan Allah) dan menyimpan dendam dan ingin dipuji.

Shaddad (RA) berkata: Akupun bertanya, Wahai Rasulullah! Apakah orang-orangmu akan bersalah jika penyembahan berhala setelah kematianmu?

Rasulullah SAW menjawab: Ya (tapi) mereka tidak akan menyembah matahari, bulan, batu atau berhala. Dan mereka akan berbuat sesuatu tanpa ketulusan, hanya karena ingin dipuji.

Banyak di antara umatku yang akan rela berpuasa demi mendapatkan sesuatu. Tetapi begitu keinginannya itu terkabul, ia menjadi ingkar.

Dari cerita singkat ini kita belajar satu hal penting. Bahwa, janganlah kita menyembah agar orang lain dapat melihat dan memuji kita. Hari ini, kita lebih memilih mengenakan pakaian dan perhiasan yang indah saat menghadiri undangan atau bertemu dengan orang terkenal.

Padahal, orang-orang saleh di masa lalu yang bangun untuk shalat tahajjud di malam hari, mereka akan mengenakan pakaian terbaik mereka, mengenakan surma dan menghiasi diri mereka dengan baik demi berdiri di hadapan Allah.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan