Kebiasaan-kebiasaan yang disukai Setan

Nabi Muhammad dalam hadisnya mengajak kita untuk selalu berdoa meminta perlindungan kepada Allah dari godaan setan setiap kali sebelum mengerjakan ibadah. Misalnya sebelum shalat, sebelum membaca Al quran, sebelum wudhu, dan sebelum beribadah sunah lainnya. Tujuannya tak lain adalah agar kita terhindar dari tipu daya setan yang licik.

Setan setiap detik menggoda manusia, ada perilaku dan kebiasaan tertentu yang dikerjakan oleh manusia yang juga disukai oleh setan. Nah, yuk kita simak beberapa kebiasaan yang disukai setan dan cara menjauhkan diri dari godaan mereka.

Yang pertama, tidur tidak mengenakan pakaian. setan walaupun mempunyai sifat yang berbeda dan tidak terlihat juga tinggal di tempat yang didiami oleh manusia. Jadi, semua tindak tanduk manusia dapat dilihat oleh setan tetapi manusia tidak bisa melihat mereka. setan suka tidur di dekat orang yang ketika tidur tidak mengenakan pakaian.

Tidur tak mengenakan busana menarik setan untuk mempermainkan aurat manusia dan menyebabkan penyakit. setan juga suka menggangu manusia lewat mimpi, sehingga kita kerap mimpi buruk seperti mimpi tenggelam, bertemu orang yang tidak dikenali, mimpi  berkelahi, mimpi bersetubuh atau mengalami tindihian, sadar tapi tidak bisa menggerakkan anggota tubuh.

Setan menyukai aurat manusia, mereka juga mempunyai akal, keingingan dan syahwat seperti halnya manusia. nah, agar kita terhindar dari gangguan setan maka sebaiknya berdoalah sebelum tidur.

Selain doa-doa yang biasa diajarkan, nabi Muhammad mencontohkan doa sebelum tidur yang benar adalah dengan mensucikan diri terlebih dahulu, kemudian rasulullah membaca An-naas, Al-falaq dan Al-ikhlas kemudian meniupkan ke kedua tangan lalu mengusap seluruh tubuhnya. setelah itu beliau kembali berdoa,dengan nama-Mu ya Allah, aku hidup dan aku mati.

Allah menjaga orang yang sebelum tidur membaca doa. jika manusia tidur tanpa berdoa setan mengikat kepalanya dengan tiga ikatan jika ia bangun dan mengingat Allah terlepaslah satu ikatan jika ia berwudhu terlepas lagi satu ikatan lainnya dan jika ia shalat terlepaslah ikatan yg terakhir.

Posisi tidur juga tidak boleh sesuka hati. Rasulullah memiringkan badannya ke arah kanan saat tidur.tidur dalam posisi tengkurap adalah cara tidur yang disukai oleh setan.

Perilaku kedua yang disukai oleh setan adalah makan dengan tangan kiri dan tidak didahulu dengan membaca basmalah.

Walau diberi karunia umur panjang sampai kiamat, ternyata setan juga butuh makan. nah, makanannya didapat dari manusia yang menjadi teman mereka. naudzubillah, semoga kita bukan salah satu dari teman-teman setan. lalu siapakah teman-teman setan yang memberi mereka makan?.

Setan ternyata makan bersama manusia yang tidak membaca doa meminta perlindungan ketika mau makan. setan makan dengan tangan kiri,maka dari itu sahabat buka mata buka hati,hindari makan dengan tangan kiri karena itu adalah kebiasan setan.

Rasulullah juga menyuruh kita mencuci tangan dan mulut sebelum dan sesudah makan.setan suka menjilati sisa makanan yang menempel di tangan yang juga dapat menyebabkan penyakit.

Itu dia sahabat, tiga kebiasaan buruk yang disukai oleh setan. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan