Aneh tapi nyata, ulama ini dipenjara tapi kebaikannya ke fakir tak terhenti

Islam adalah agama satu-satunya yang diterima dan diakui oleh Allah SWT. Jadi, bersyukurlah Anda karena terlahir dan dikelilingi oleh saudara-saudara beragama Islam. Di agama ini, ada banyak keteladanan dan Islam mengatur semua sendi kehidupan bahkan bukan di dunianya manusia sekalipun.

Kisah tauladan yang bisa jadi inspirasi berikutnya datang dari seorang ulama bernama Imam Ibnu Taimiyah yang memperoleh gelar Hujjatul Islam. Guru dari Ibnul Qayyim al-Jauziyah ini menguasai banyak sekali bidang ilmu pengetahuan. Walaupaun beliau juga punya banyak ‘musuh’ yang berasal dari rezim berkuasa dan segelintir orang-orang bodoh yang punya kepentingan busuk.

Jadi tak heran bila dalam perjalanan hidupnya, ia dan muridnya pernah ditangkap lalu diarak sembari dilempari telur busuk, kotoran dan sampah. Bukan hanya oleh rezim berkuasa, bahkan masyarakat dan anak-anak di zaman itu pun turut diprovokasi untuk memperlakukan mereka dengan buruk.

Dikutip oleh Dr Abdullah Azzam dari Tarbiyah Jihadiyah bahwa Imam mempunyai satu kebiasaan. Katanya, “Ketika masih bebas, aku terbiasa mengunjungi sejumlah rumah kaum muslimin yang fakir dan memberikan bantuan.” Sungguh, ini bukan sebuah sarana untuk berpamer diri. Tapi untuk diambil hikmahnya.

“Tapi sesudah dimasukkan ke dalam penjara, otomatis kebiasaan itu terhenti.” Demikian lanjutan cerita sang Imam yang beliau tuliskan dalam Majmu’ Fatawa. Tapi ada keanehan terjadi, sebab saat beliau terkurung di dalam penjara, kaum fakir yang terbiasa mendapat santunan itu tetap mendapati seseorang yang amat mirip dengannya datang dan melakukan amalan yang sama.

Maka disampaikanlah cerita para penduduk yang dikunjungi kepada Imam. Ia kemudian menjelaskan “Ketahuilah bahwa golongan jin muslim telah menggantikan kedudukan kami.” Beliau melanjutkan seraya memotivasi, “Jika seluruh penduduk bumi tidak bersahabat,” pungkas beliau, “maka jin yang alim dan malaikat akan senantiasa menyertai orang mukmin.”

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan