4 Amalan yang menjamin seseorang masuk surga

Siapa sih yang tidak mau masuk surga? Rasanya dan saya yakin semua manusia di dunia, bahkan yang non-muslim sekalipun ingin mati dan masuk ke dalam surga untuk menikmati imbalan atas amal ibadahnya. Tapi, kita tak bisa menjamin semua itu. Karena Rasulullah punya beberapa syarat agar seseorang bisa masuk surga.

Suatu hari, seorang laki-laki mendatangi Rasulullah di dalam rumahnya.

“Ya Rasulullah, amalan apakah yang bisa membuatku masuk ke dalam surga?”

Kemudian, Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Beribadahlah kepada Allah Ta’ala dan jangan mempersekutukan sesuatu apa pun dengan-Nya, dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan sambunglah tali persaudaraan.”

Dr. Muhammad ‘Ali Hasyimi menjelaskan makna dari hadits ini, “Dari hadits di atas dikatakan bahwa menyambung tali silaturahimi berada di posisi yang sama tinggi dengan ibadah kepada Allah Ta’ala, menunaikan shalat, dan membayar zakat.”

“Jadi,” lanjutnya

“Menyambung tali persaudaraan atau silaturahmi adalah bagian dari amalan yang dapat menjamin seseorang memperoleh kehidupan surga yang kekal dan menghindarkan dirinya dari api neraka.”

Dan lagi, kata Dr. Muhammad ‘Ali Hasyimi mengutip sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dari sahabat Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu,

“Barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali persaudaraan.”

Keempat amalan yang disebutkan oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ini juga memiliki keterkaitan dengan dua hal lain yang tercantum dalam banyak surat dan juga nasehat. Ialah hablum minallah (hubungan baik dengan Allah Ta’ala) yaitu menjaga kesempurnaan ibadah termasuk di dalamnya tidak berlaku syirik, melaksanakan shalat, serta hablum minannas (hubungan baik dengan manusia) berupa menunaikan zakat dan mempererat tali persaudaraan antar sesama.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan