Kalimat sederhana yang dibenci oleh Allah

Ada banyak perkataan baik yang disukai Allah Ta’ala, di antaranya adalah pujian-pujian pada-Nya dan tentu ujaran dan ucapan yang mengajak kepada kebaikan. Ucapan yang mengajak ibadah, mencegah kemunkaran dan nasehat.

Tetapi ada juga perkataan yang dibenci oleh Allah, ada.

“Perkataan yang paling dibenci Allah,” lanjut sahabat mulia Abdullah bin Mas’ud yang dikutip oleh Syeikh Abu Bakar Al-Thurthusyi Al-Andalusi dalam Al-Ma’tsurat, “adalah saat seseorang laki-laki berkata kepada laki-laki (orang) lain, ‘Bertaqwalah kepada Allah’, dan ia menjawab, ‘Urus saja dirimu sendiri.’”

Banyak di antara kita yang tentu pernah atau malah sering mendengarkan kata-kata itu keluar dari mulut seseorang. Atau malah mungkin kita yang pernah mengucapkannya kepada orang yang mengajak kepada kebaikan.

Padahal, sejatinya sebagai seorang muslim yang taat, kita dianjurkan lebih banyak mengucapkan kata-kata ajakan yang baik-baik, seperti:

“Shalat yuk.”

“Ngaji yuk.”

Dan lain-lain.

Tetapi sering pula di antara kita yang menjawab dengan penolakan.

“Sudahlah. Tak usah repot-repot. Urus saja dirimu sendiri. Gak usah sok suci. Tidak perlu sok baik.”

Kalimat-kalimat jawaban tersebut sering pula ditambah;

“sok alim kamu!”

“Emangnya kamu yakin bakal masuk surga?”

Semoga ucapan-ucapan yang melemahkan iman tersebut jauh dari bibir kita. Dan kita bisa lebih banyak mengucapkan ajakan kepada kebaikan.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan