Hentikan debat kusir! Hafalkan dan amalkan doa ini akan lebih baik

Perang tidak selamanya identik dengan adu fisik, saling bunuh dan saling terkam. Di era serba modern sekarang ini, perang urat syaraf dengan kata-kata dan opini jauh lebih seru dan menguras energi. Jejaring sosial mempermudah orang-orang untuk saling menjelekkan tanpa harus adu jotos.

Dalam sekian banyak perdebatan, selalu saja ada agenda, ada maksud dan goal yang ingin dicapai. Masih ingat dalam benak kita, kasus pelecehan surat Al-Maidah ayat 51 yang berbuntut panjang dan melelahkan.

Tetapi sayang, perdebatan di media sosial justru mengubah haluan perjuangan yang sebenarnya. Banyak di antara kaum muslimin yang terjebak dalam debat kusir, bahkan tak sedikit yang mengkafirkan saudara seiman demi nama baik kelompoknya.

Padahal, ada salah satu senjata yang paling tajam, paling ampuh dan paling mudah, yaitu doa. Kita lupa bahwa doa adalah senjata Rasulullah di kala menghadapi gempuran kaum kafir Qurays. Bukankah kita sejak kecil diajarkan untuk selalu berdoa ketika menghadapi masalah? Sedangkan berdoa adalah inti dari ibadah.

“Ya Rabb kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan haq.” (Qs. al-A’raf [7]: 89)

“Berikanlah keputusan antara kami dan mereka,” tulis Imam Ibnu Katsir menjelaskan ayat ini, “dan menangkanlah kami atas mereka.”

Hanya kepada Allah Ta’ala kita menyembah. Dan hanya kepada Allah Ta’ala kita memohon pertolongan serta perlindungan. Dialah sebaik-baik pelindung dan pembela. Hanya Dia yang mampu memenangkan kita dalam perang opini yang amat dahsyat ini.

“Dan Engkaulah sebaik-sebaik Pemberi keputusan.” (Qs. al-A’raf [7]: 89)

“Allah Ta’ala adalah sebaik-baik Pemberi keputusan. Karena Allah Ta’ala Mahaadil dan tidak pernah melakukan kezhaliman sekali pun.” pungkas Imam Ibnu Katsir menjelaskan dalam Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim.

Mari sebarkan doa-doa ini. Hafakan dan amalkan. Kirimkan kepada saudara-saudara kita yang masih terjebak dalam debat kusir yang lebih banyak mudaratnya dari manfaatnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan