Cara Mengobati Sariawan Secara Alami Dengan Garam

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami Dengan Garam – Garam lebih dikenal sebagai bumbu masakan, namun garam juga memiliki beberapa khasiat bagi kesehatan. Khasiat garam dapat anda dapatkan dari kandungan iodium atau dari sifat kimia garam itu sendiri. Dan salah satu khasiatnya adalah sebagai salah satu bahan alternatif untuk mengobati penyakit sariawan. Dalam istilah kedokteran sariawan disebut juga Stomatitis Aphthosa Recurrent (SAR), dan merupakan salah satu gangguan mulut yang paling umum diderita masyarakat.

Garam memiliki sifat yang mampu mengikat cairan menjadikannya baik untuk anda yang sering mengalami sariawan. kondisi mulut yang selalu lembab dapat menjadi faktor penghambat kesembuhan luka robekan pada rongga mulut menyebabkan luka cepat melebar sehingga lebih lama sembuh.

Penasaran?. Berikut ini adalah diantaranya beberapa Cara Mengobati Sariawan Secara Alami Dengan Garam yang dapat kita rangkum untuk anda.

Baca Juga: Cara Alami Mengobati Sariawan Dengan Cepat

Sebagai Obat Kumur

Berikut ini adalah satu Cara Mengobati Sariawan Secara Alami Dengan Garam sebagai obat kumur:
  1. Siapkan segelas air putih hangat dan 1 sendok garam
  2. Masukkan garam dalam gelas berisi air hangat, aduk sampai benar – benar larut
  3. Anda dapat menggunakan campuran air hangat dan garam tadi untuk berkumur – kumur pada bagian yang sariawan atau pecah – pecah.
Meskipun perih, jika dilakukan secara rutin akan mempercepat penyembuha sariawan anda.

Dioleskan Langsung

Selain cara penggunaan garam sebagai obat kumur, anda dapat mengoleskan langsung garam pada bagian yang luka / sariawa. Tentunya anda akan merasakan sensasi perih yang lebih, akan tetapi hasilnya akan lebih terasa.

Baca Juga: Cara Mengobati Sariawan Dengan Albothyl

Pasta Baking Soda Dan Garam

Kandungan senyawa aktif pada baking soda memiliki kemampuanuntuk membunuh kuman serta bakteri yang ada pada bagian luka sariawan kamu. Sedangkan kandungan zat antiinflamasi yang terdapat pada garam berguna untuk mengurangi sakit akibat adanya peradangan. Untuk menyembuhkan sariawan pada mulut, kombinasi kedua bahan alami sangat pas dan cocok sekali 
Berikut ini adalah Cara Mengobati Sariawan Secara Alami Dengan Garam dan baking soda:
  1. Langkah pertama adalah campurkan kedua bahan tadi (garam dan baking soda). Akan tetapi sebelumnya pastikan kedua bahan sudah dihaluskan sampai benar-benar halus.
  2. Lalu tuangkan air panas edalamnya, aduk-aduk terus sampai menjadi adonan pasta.
  3. Bersihkan mulut dengan sikat gigi dan berkumur-kumur
  4. Kemudian oleskan pasta baking soda yang sudah kita buat tadi kearea luka atau sariawan, dan diamkan kurang lebih 10 menit.
  5. Mungkin nanti anda akan merasakan perih pada luka atau sariawan anda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan secara rutin setidaknya 1x dalam sehari.

Baca Juga: Cara Membuat Bibir Merah Secara Alami dan Cepat

Bagi anda yang sering bermasalah dengan sariawan, demikianlah tadi beberapa Cara Mengobati Sariawan Secara Alami Dengan Garam yang dapat anda coba dirumah. Semoga bermanfaat, salam sehat selalu!

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan