Akibat Obesitas Yang Harus Diwaspadai

Akibat Obesitas Yang Harus Diwaspadai – Kegemukan sering disebut juga obesitas dituding sebagai penyebab berbagai masalah kesehatan atau penyakit berbahaya. Hal itu tidaklah berlebihan, timbunan lemak yang terdapat dalam tubuh orang gemuk dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Tiap tahunnya, kondisi obesitas cenderung naik dan mulai mengkhawatirkan.

Kenapa hal itu bisa terjadi? Pola hidup masyarakat modern dengan tempo atau irama hidup yang semakin cepat mendorong orang untuk berperilaku serba instan. Misalnya, konsumsi makanan cepat saji yang berlebihan ditambah lagi dengan kurangnya aktivitas olahraga merupakan beberapa faktor penyebab obesitas. Itu adalah faktor-faktor penyebab kegemukan yang dapat dimodifikasi. Faktor lainnya adalah genetik yang tak dapat dimodifikasi.

Lalu akibat atau dampak apa yang bisa timbul akibat kegemukan? Berikut ini adalah efek negatif yang muncul karena timbunan lemak yang berlebihan dalam tubuh. Penyakit-penyakit ini umumnya mengincar orang-orang yang bertubuh gemuk. Jadi waspadailah!

Baca Juga: Dampak Obesitas Pada Anak

1. Diabetes
Kegemukan tak dapat disepelekan dan memicu masalah kesehatan yang serius seperti diabetes. Orang yang mengalami kegemukan berisiko 4 kali lebih besar terkena diabetes dibandingkan dengan orang bertubuh ideal. Obesitas akibat makan yang berlebihan menyebabkan insulin tak dapat bekerja dengan optimal sehingga kadar gula darah dalam tubuh pun naik.

2. Kanker
Para ilmuwan menemukan fakta bahwa timbunan lemak dalam tubuh orang tambun dapat merangsang pertumbuhan tumor lebih cepat. Jenis-jenis kanker yang mengintai orang yang kelebihan bobot tubuh yaitu kanker usus besar, kanker prostat pada laki-laki, dan kanker rahim dan payudara pada perempuan. Untuk itu, penurunan berat badan sangat dianjurkan agar sel-sel pembentuk tumor dapat dihambat.

3. Gangguan Kesuburan
Obesitas dapat pula mempengaruhi keseimbangan hormonal dalam tubuh yang mengakibat gangguan kesuburan atau kemandulan di kemudian hari. Menurut para ahli, disfungsi ovulasi menjadi factor utama penyebab kemandulan pada wanita berbadan gemuk. Selain itu, timbunan lemak dalam ovarium bisa mengganggu pertumbuhan embrio dan menyebabkan keguguran. Sedangkan bagi pria, sel-sel lemak yang berlebihan akan menyebabkan produksi estrogen yang berlebihan pula. Jika hal itu terjadi, kesuburan pada pria dapat terganggu.

Baca Juga: Tanda – Tanda Obesitas Pada Anak yang Paling Sering Muncul

4. Gangguan Sendi
Fakta berbicara bahwa setiap ekstra lemak yang tertimbun dalam tubuh akan menambah tekanan pada persendian tiga kali lipat dibanding bobot tubuh. Persendian yang terkena dampak Akibat Obesitas yaitu persendian bagian kaki, tangan, jari, lutut, dan pinggang. Dengan berat badan yang berlebihan, orang akan kesulitan bergerak karena otot bekerja lebih keras untuk menahan beban tubuh.

5. Hipertensi
Orang yang mengalami obesitas berpotensi mengalami penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah. Makanan yang mengandung kolesterol tinggi menimbulkan timbunan lemak dalam tubuh, terutama di sepanjang pembuluh darah. Sebagai akibatnya, aliran darah menjadi kurang lancar. Hal itu terjadi karena timbunan lemak dalam pembuluh darah menghambat suplai oksigen dan zat makanan ke dalam tubuh. Jantung pun bekerja ekstra keras untuk memompa darah yang berakibat pada meningkatnya tekanan darah.

6. Penyakit Kardiovaskular
Sejak lama, obesitas dianggap sebagai penyebab utama risiko penyakut jantung dan stroke. Selain itu, gangguan pada area kardiovaskular seperti penyumbatan pembuluh darah juga mengancam para pemilik tubuh gendut. Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 70 persen pasien diabetes meninggal akibat penyakit kardiovaskular yang disebabkan kelebihan berat badan.

Baca Juga: Penyebab Obesitas Pada Anak Remaja

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai beberapa Akibat Obesitas yang perlu anda waspadai. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan, dan menjadikan kita lebih peduli lagi akan kesehatan kita. Semoga dapat bermanfaat, salam sehat selalu!

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan