Kumpulan Bacaan Niat Shalat Jamak Takdim dan Ta’khir

Bacaan Niat Shalat Jamak -Untuk anda yang mempunyai aktifitas berpergian jarak jauh atau layaknya seperti musafir, kami rasa menyimak ulasan artikel islami yang akan kami bahas dikesempatan adalah yang sangat tepat untuk anda. Sebab pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan tentang Bacaan Niat Shalat Jamak Takdim dan Ta’khir. Untuk mengetahui apa itu Shalat Jamak Takdim dan Ta’khir, simak ulasan artikel ini dari awal sampai akhir.

Shalat Jamak merupakan shalat yang dikerjakan dengan mengumpulkan dua shalat fardhu atau wajib pada satu waktu, misalkan saja shalat dzuhur dengan shalat Asar beserta shalat magrib dengan isya (khusus saat melakukan perjalanan). Shalat Jamak ini dibagi menjadi dua macam yakni Shalat Jama’ Taqdim dan Jama’ Ta’khir. Untuk mengetahui perbedaan kedua shalat tersebut, silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

shalat jamak

Shalat Jama’ Taqdim merupakan penggabungan pengerjaan dua shalat pada satu waktu dengan cara memajukan shalat yang belum masuk waktu pengerjaaannya. Misalkan saja penggabungan pengerjaan shalat Asar dengan salat DZuhur di waktu salat Zuhur, bisa juga penggabungan shalat isya dengan shalat magrib dimana mengerjakannya pada shalat magrib.

Shalat Jama’ Ta’khir merupakan penggabungan pengerjaan dua shalat pada satu waktu dengan cara mengundurkan shalat yang sudah memasuki atau terlewat waktunya. Misalkan seperti penggabungan pengerjaan shalat dzuhur dengan shalat ashar pada waktu shalat ashar. Dan bisa juga penggabungan pengerjaan shalat magrib dengan shalat isya pada waktu shalat isya.

Kumpulan Bacaan Niat Shalat Jamak

Lalu untuk Bacaan Niat Shalat Jamak Takdim dan Ta’khir ini berbeda beda tergantung pengerjaannya, misalkan untuk anda yang ingin menggabungkan dua shalat ashar dan dzuhur namun waktu pengerjaannya ingin dilakukan pada saat shalat Ashar, berarti Niat Shalat Jamak yang harus anda baca yaitu Niat Shalat Jamak Ta’khir. Namun sebaliknya jika anda ingin mengerjakan shalat dzuhur dan ashar pada satu waktu dan pengerjaannya di waktu shalat dzuhur, berarti Niat Shalat Jamak yang harus dibaca Niat Shalat Jama’ Taqdim. Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut ini Kumpulan Bacaan Niat Shalat Jamak Takdim dan Ta’khir

Bacaan Niat Shalat Jamak

Kumpulan Bacaan Niat Shalat Jamak Takdim

Kumpulan Bacaan Niat Shalat Jamak Takdim magrib  Kumpulan Bacaan Niat Shalat Jamak Ta'khir

Itulah Bacaan Niat Shalat Jamak Takdim dan Ta’khir yang bisa hafalkan dan baca ketika ingin melakukan shalat jamak, tentunya Niat Shalat Jamak yang dibaca menyusaikan dengan shalat yang akan anda kerjakan. Namun yang perlu diperhatikan dalam mengerjakan shalat jamak ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi secara benar supaya shalat jamak yang dikerjakan sah. Berikut ini penjelasan Syarat Shalat Jamak Takdim dan Tta’khir.

Syarat shalat jamak takdim

Tertib, jika seorang musafir akan melakukan jamak shalat dengan shalat jamak taqdim, maka musafir tersebut harus mendahulukan shalat yang memiliki waktu terlebih dahulu. Contohnya jika seorang musafir ingin menggabungkan shalat isya dengan magrib, maka yang harus dikerjakan terlebih dahulu yaitu shalat magrib. Dan jika mengerjaknnya shalat isya terlebih dahulu, maka shalatnya tidak sah.

Membaca niat pada waktu yang shalat pertama, maksudnya yaitu seseorang yang ingin mengerjakan shalat jamak taqdim maka membaca niatnya harus pada shalat yang pertama.

Bersegera,Jarak kedua shalat tidak ada jeda waktu yang dianggap lama. Jika dalam shalat jamak terdapat renggang waktu yang dianggap lama, misalkan saja mengerjakan shalat sunnah, maka musafir tersebut tidak bisa mengerjakan jamak dan harus mengakhirkan salat yang kedua dan mengerjakannya di waktu yang semestinya.

Statusnya masih sebagai musafir, orang yang boleh mengerjakan shalat jamak yaitu orang yang statusnya sebagai musafir. Maka untuk anda yang tidak berpergian jauh atau sebagai musafir tidak bisa mengerjakan shalat jamak ini.

Syarat shalat jamak ta’khir

Bacaan Niat menjamak ta’khir yaitu pada waktu shalat yang pertama, misalkan saja ketika waktu shalaty dzuhur sudah tiba, maka orang tersebut harus berniat akan mengerjakan shalat dzuhur tersebut pada waktu shalat ashar.

Jika sudah datang waktu shalat yang kedua, namun musafir masih berada di dalam perjalanan. Contohnya seorang musafir akan mengerjakan shalat dzuhur pada waktu shalat ashar, namun saat waktu ashar sudah tiba musafir tersebut masih di dalam perjalanan. Pada jamak ta’khir shalat yang akan dijamak boleh dilaksanakan tidak menurut urutan waktunya. Contohnya shalat dzuhur dan ashar, bisa dikerjakan shalat dzuhur terlebih dahulu atau juga ashar dulu.

Demikianlah penjelasan tentang Syarat dan Niat Shalat Jamak Takdim dan Ta’khir yang bisa kami jelaskan kepada pembaca, mudah mudahan artikel yang sederhana bisa bermanfaat dan berguna untuk anda semua. Jangan lupa baca juga Doa Sesudah Shalat Dhuha dan Bacaan Doa Istighosah.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan