Bacaan Doa Istighosah dan Penjelasannya Lengkap

Bacaan Doa Istighosah – Alhamdulillah Allah SWT masih memberikan rahmat dan nikmat Nya kepada admin sehingga kami masih bisa melanjutkan rutinitas menulis artikel Islam.Kali ini team situs citramuslima.com akan menjelaskan tentang Bacaan Doa Istighosah dan Penjelasannya, bagi anda yang ingin mengetahui Bacaan Doa Istighosah dan penjelasannya langsung saja simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Istighasah

Istighosah ini berasal dari al-ghouts yang mempunyai pertolongan, kemudian pada tata bahasa Arab kalimat yang mengikuti wazan (pola)yakni “istaf’ala yang berarti permohonan atau permintaan. Maka dari itu Istighosah berarti meminta pertolongan. Sama halnya dengan kata ghufron yang memiliki arti ampunan yang jika di ikutkan pola istif’al menjadi istighfar yang berarti meminta atau memohon ampunan.

Pengertian Istighosah

Para ulama membedakan antara istianah dan istghotsah walaupun secara kebahasaan keduanya mempunyai makna yang kurang lebih sama. Sebab isti’anah juga pola istif’al yang berasal dari kata al-aun yang berarti thalabul aun yang mempunyai arti meminta pertolongan. Jadi arti Istighotsah yaitu meminta pertolongan pada saat keadaan sulit dansukar. Sementara Isti’anah mempunyai makna meminta pertolongan yang memiliki arti yang lebih umum dan luas.

Isti’anah dan Istighotsah ini terdapat pada teks-teks Al-Qur’an maupun hadits Nabi Muhammad SAW. Seperti halnya surat Al-Anfal ayat 9 yang disebutkan.

(Ingatlah wahai Muhammad), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu lalu Dia mengabulkan permohonanmu.” (QS Al-Anfal:9)

Dalil ayat QS Al-Anfal:9 ini menerangkan sebuah peristiwa saat Baginda Nabi Muhammad SAW memohon bantuan dari Allah SWT, yang mana pada saat itu Baginda Nabi berada di tengah berkecamuknya perang badar yang waktu itu kekuatan mush tiga kali lipat lebih banyak dari pasukan Nabi (Islam). Lalu Allah SWT mengabulkan permohonan Nabi dengan memberi bantuan pasukan tambahan seribu pasukan malaikat.

Di dalam surat Al-Ahqaf ayat 17 juga disebutkan

Kedua orang tua memohon pertolongan kepada Allah

Ayat tersebut menjelaskan kedua orang tua tersebut memohon pertolongan Allah atas kedurhakaan sang anak dan tidak mau menyakini hari kebangkitan. Tidak ada cara lain yang bisa dilakukan oleh kedua oang tua tersebut untuk menyadarkan sang anak terkecuali memohon pertolongan dari Yang Maha Kuasa.

Dari penjelasan kedua ayat tersebut, bisa disimpulkan bahwa istighotsah merupakan memohon pertolongan dari Allah SWT untuk terjadinya sebuah keajaiban atau segal sesuatu yang paling tidak dianggap untuk diwujudkan.

Pada dasarnya Istighotsah ini sama halnya dengan berdoa namun kata istighotsah konotasinya lebih dari sekedar berdoa saja, sebab yang dimohon dalam istighotsah bukan hal yang biasa biasa saja. Maka dari itu sebelum memohon doa, Istighotsah di awali dengan wirid-wirid tertentu paling utama istighfar dengan harapan Allah SWT berkenan mengabulkan permohonan itu. Untuk Bacaan Doa Istighosah, silahkan lihat dibawah ini

Bacaan Doa Istighosah Lengkap

Bacaan Doa Istighasah

Bacaan Doa Istighosah

Doa Istighosah

Istighosah

Mungkin itu saja yang bisa kami jelaskan kepada anda semua terkait Bacaan Doa Istighosah dan Penjelasannya, biasanya dalam melakukan kegiatan Istighosah ini membutuhkan waktu yang lama sebab bacaan wirid dan Doa Istighosah sangat panjang. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan berguna, serta dapat meningkatkan keimanan kita. Baca juga kumpulan doa sesudah shalat sunnah yang sudah kami bahas dikesempatan yang sebelumnya

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan