Bacaan Doa Iftitah Arab dan Latin Beserta Penjelasan Hukumnya

Bacaan Doa Iftitah – Salah satu doa yang sangat disunahkan untuk dibaca saat kita mengerjakan shalat, baik itu shalat wajib ataupun shalat sunnah yaitu Doa Iftitah. Adapun pengertian Doa Iftitah merupakan bacaan doa yang dilafadkan atau dibaca pada waktu shalat setelah kita melakukan takbirotul ikhram dan sebelum membaca Surat Al Fatihah.

Membaca doa iftitah ini sangat disunahkan ketika kita mengerjakan shalat secara bersama sama atau jamaah maupun saat mengerjakan shalat sendirian. Bahkan Imam Nawawi sangat menganjurkan umat Islam untuk membaca doa iftitah saat shalat dalam berbagai keadaan, baik itu shalat dalam keadaan berbaring maupun duduk.

Hukum Membaca Doa Iftitah Dalam Shalat

Lalu untuk dalil membaca doa iftitah sendiri dijelaskan pada hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah yang berisi bahwa beliau selalu melihat Baginda Nabi Saw sesudah takbiratulikhram saat shalat, Nabi diam sejenak sebelum membaca surat atau ayat yang lainnya. Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut ini Dalil membaca doa iftitah secara lengkap.

Dalil Membaca Doa Iftitah

Walaupun biasanya saat mengerjakan shalat wajib secara berjamaah imam selalu membaca doa iftitah, namun untuk Hukum Membaca Doa Ifititah sendiri yaitu Sunnah. Karena tidak semua shalat berjamaah, imam membaca doa iftitah. Misalkan saja pada saat mengerjakan shalat tarawih, begitu takbiratulikhram imam langsung membaca surat al fatihah.

Jadi apabila kita lupa atau memang sengaja saat shalat dan setelah takbiratulikhram tidak membaca doa iftitah maka shalatnya tetap sah. Yang penting kita dalam mengerjakan shalat tetep memenuhi syarat dan rukun shalat sebagai syarat sahnya shalat kita. Namun kita tidak akan mendapatkan pahala dari sunnah tersebut, jadi sayang jika kita tidak membacanya.

Bacaan Doa Iftitah Arab dan Latin

Kemudian untuk Bacaan Doa Iftitah sendiri, di umat Islam Indonesia terdapat dua versi Bacaan Doa Iftitah yakni Bacaan Doa Iftitah Nu dan Bacaan Doa Iftitah Muhammadiyah. Agar mengetahui lebih jelasnya, silahkan lihat Bacaan Doa Iftitah lengkapnya dibawah ini.

Bacaan Doa Iftitah

Bacaan Doa Iftitah yang kami berikan diatas, merupakan bacaan doa iftitah yang biasanya di baca oleh kalangan Nu sunah wal jamaah. Sementara untuk Bacaan Doa Iftitah Versi Muhammadiyah, bisa melihatnya dibawah ini.

Doa Iftitah Muhammadiyah

Meskipun Bacaan Doa Iftitah terdapat dua versi dan perbedaan bacaannya, hal tersebut tidak lah menjadi persoalan yang penting. Namun yang terpenting kedua bacaan doa tersebut sumbernya berasal dari Baginda Nabi Muhammad Saw yang menjadi panutan semua umat muslim.

Mungkin itu saja pembahasan Bacaan Doa Iftitah Arab dan Latin Beserta Penjelasan Hukumnya yang bisa kami jelaskan. Semoga adanya ulasan artikel ini, bisa menambah ilmu agama anda dan khusus kami sendiri bisa menjadi ilmu yang bermanfaat yang bisa menjadi bekal di alam akhirat nanti. Baca juga Doa Istighosah dan Doa Sesudah Shalat Sunnah untuk menambah ilmu kita semua

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan