Macam Macam Perilaku Tercela Beserta Penjelasannya

Perilaku Tercela – Walaupun manusia merupakan mahluk yang paling sempurna diantara mahluk lainnya yang diciptakan oleh Allah SWT. Namun yang namanya tidak pernah lepas dari yang namanya salah dan melakukan perilaku tercela yang dapat membawa kita ke jalan dosa. Sebenarnya apa seh perilaku tercela itu? Perilaku tercela atau akhlak tercela merupakan perbuatan atau tingkah laku yang tidak baik atau jahat, dimana perbuatan tercela atau tidak baik tersebut sangat dibenci oleh Allah SWT.

Macam Macam Perilaku Tercela

Ya meskipun hakikat itu baik namun penyebab seseorang melakukan perilaku atau perbuatan tercela yaitu karena tidak lepas dari gangguan setan yang terkutuk. Seperti yang diketahui bersama, semenjak di ciptakannya nenek moyang manusia yakni Nabi Adam As. Iblis atau setan semenjak itu menjadi mahluk yang jahat karena merasa iri dan angkuh. Karena hal itu lah Allah SWT mengeluarkan iblis dari surga dan saat itu juga iblis memohon kepada Allah supaya diberi kebebasan untuk mengganggu anak manusi hingga akhir zaman.

Dan dalam agama Islam sendiri, perilaku tercela menjadi beberapa macam atau jenis. Dan kesempatan ini kami akan mencoba membahas mengenai macam macam perilaku tercela dan mencoba menjelaskannya secara detail dan rinci. Untuk mengetahuinya apa saja macam macam akhlak tercela, simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Macam Macam Perilaku Tercela

Kufur

Perilaku tercela yang pertama yang harus dihindari oleh kita yakni perbuatan kufur. Dimana penjelasan kufur sendiri merupakan perbuatan tidak beriman kepada Allah SWT dan RasulNya baik dengan mendustakannya atau tidak mendustakannya.

Riya

Selain kufur, perbuatan yang tercela selanjutnya yang harus kita hindari yakni perbuatan riya. Arti riya adalah melakukan tindakan suatu amalan atau kebaikan supaya orang lain bisa melihatnya lalu memuji orang tersebut. Hal yang termasuk dalam riya lainnya yaitu sum’ah yang merupakan sebuah perbuatan agar orang lain mendengar apa yang telah kita kerjakan agar kita terpuji dan populer. Perlu diketahui bahwa riya termasuk salah satu perbuatan yang tercela dan termasuk juga sifat orang orang munafik. Sebagaimana firman Allah dalam surat An Nisa

riya

Nifaq

Menurut syariat nifaq merupakan salah satu perbuatan yang menampakan keislimaan dan kebaikan namun menyembunyikan kejahatan dan kekufuran. Dan dalam agama Islam sendiri, nifaq terbagi menjadi dua macam yakni Nifaq I’tiqadi dan Nifaq Amali.

Syirik

Kami rasa bagi umat Islam sudah sangat mendengar kata Syirik, karena syirik merupakan salah satu perbuatan tercela yang harus dijauhi oleh umat Islam karena syirik termasuk merupakan kezhaliman yang paling besar. Adapun contoh syirik seperti menyembah atau meminta selain kepada Allah.

syirik

Firman Allah diatas merupakan peringatan terhadap pebuatan syirik, kemudian untuk jenisnya. Syirik terbagi menjadi dua macam diantaranya syirik kecil dan syirik besar.

Sombong

Pengertian sombong adalah merasa dirinya paling lebih dan hebat sementara melihat orang lain rendah dan hina. Yang namanya orang sombong pasti selalu menganggapnya paling benar dan hebat, sedangkan orang lain dianggap selalu rendah. Sikap sombong merupakan sifat dari iblis yang membantah perintah Allah untuk bersujud kepada manusia, iblis beranggapan lebih baik dari manusia karena dicipatakan dari api.

Dan penyakit hati yang satu ini merupakan salah satu perilaku tercela yang saat ini banyak ditemukan manusia pada zaman sekarang. Maka dari itu kita sebagai umat Islam hendaknya selalu bertawakal kepada Allah supaya dihindari dari sifat sombong.

Kiranya hanya itu saja yang bisa kami berikan kepada anda mengenai Macam Macam Perilaku Tercela Dalam Islam. Semoga dengan adanya penjelasan diatas, kita sebagai umat muslim selalu waspada dan memohon kepada Allah agar selalu dihindari dari pebuatan tercela.Untuk menambah wawasan Islam anda, baca juga ulasan artikel sebelumnya tentang pengertian pernikahan siri yang kami jelaskan secara lengkap dan detail.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan