Perilaku Tercela,Penjelasan Macam Macam Nifaq Lengkap

Macam Macam Nifaq – Di dunia ini semuanya diciptakan secara berpasang pasangan, salah satu contohnya yaitu ada perilaku terpuji ada juga perilaku tercela. Ya meskipun pada hakikatnya setiap manusia mempunyai hati yang baik namun karena godaan setan yang tekutuk manusia bisa melakukan perbuatan yang tercela atau tidak baik. Dan bicara tentang perilaku tercela terbagi menjadi beberapa jenis, salah satu jenis perilaku tercela yang akan coba kami bahas untuk anda semua yaitu Nifaq.

Nifaq

Kata nifaq sendiri berasal dari kata naafiqaa yang jika di jelaskan secara bahasa mempunyai arti lubang tempat keluarnya yarbu (hewan sejenis tikus) dari tempat atau sarangnya, apabila ia dicari dari lobang yang satu maka si yarbu tersebut akan keluar dari lobang yang lain. Sementara pengertian syara, nifaq mempunyai arti menampakan kebaikan dan keislaman namun menyembunyikan kejahatan dan kekufuran. Hal ini dikarenakan dia masuk pada syariat dari satu pintu dan keluar dari pintu yang lainnya. Maka dari itu Allah memperingatkan dengan firmanNya dalam surat Al Taubat ayat 67

Sesungguhnya orang-orang munafiq itu mereka adalah orang-orang yang fasiq.” (At-Taubah: 67)

Ayat tersebut menjelaskan bahwa mereka orang orang yang keluar dari syariat. Dan menurut al-Hafizh Ibnu Katsir, mereka merupakan orang orang yang keluar dari jalan kebenaran lalu masuk kejalan kesestan. Dan Allah menjadikan orang munafik lebih jelek dari orang kafir sebagaimana firman Allah SWT dalam surat An-Nisaa’: 145

An nisa 145

Dan dalam agama Islam sendiri, perilaku nifaq terbagi menjadi beberapa macam atau jenis. Ingin tahu macam macam nafiq dan penjelasan lengkapnya, silahkan perhatikan ulasan pembahasannya dibawah ini.

Macam Macam Nifaq

1.Nifaq I’tiqadi atau keyakinan

Pengertian Nifaq I’tiqadi berarti nifaq besar, biasanya orang yang melakukan Nifaq I’tiqadi maka pelakunya akan menampakan keislamaan namun menyembunyikan kekufuran. Dan siapa saja yang melakukan jenis nifaq ini berarti pelakunya telah keluar dari agama dan dia berada di dalam kerak neraka. Dan Gusti Allah SWT menyifati para pelaku nifaq dengan berbagai kejahatan dan kekufuran, serta biasanya pelaku tidak mempunyai iman yang sering kali mengolok olok dan mencaci agama dan pemeluknya serta cenderung mengajak musuh mushnya untuk memusuhi Islam. Dan orang orang munafik ini akan selalu ada pada setiap zaman, maka dari itu kita sebagai umat Islam agar selalu waspada dan selalu bertawakal kepada Allah.Kemudian untuk Nifaq I’tiqadi terbagi menjadi empat jenis, yang pertama yaitu mendustakan attau mengingkari Baginda Nabi Saw atau juga mendustakan sebagian dari apa yang beliau bawa atau ajarkan. Kedua yaitu membenci Baginda Nabi Saw atau juga membenci sebagian yang beliau bawa. Ketiga yaitu merasa senang atau gembira akan kemunduran agama Islam. Dan yang terakhir selalu susah atau tidak senang dengan kemenangan Islam.

2.Nifaq Amali atau perbuatan

Pengertian Nifaq Amali merupakan perbuatan orang orang munafik namun masih tetap ada iman dalam hati. Dan bagi perbuatan jenis nifaq ini tidak mengeluarkannya dari agama namun merupakan perantara kepada yang demikian. Dimana pelakunya berada dalam iman dan nifaq, yang perlu di waspadai apabila perbuatan nifaqnya banyak maka akan menjadi sebab terjerumusnya pelaku ke dalam nifaq seseungguhnya, seperti dalam sabda Nabi Muhammad Saw.

sabda Nabi

Dan yang namanya manusia tidak bisa lepas dari kebiasaan baik dan kebiasaan buruk, oleh karena itu pelakunya akan mendapatkan pahala dan siksa sesuai balasan dari apa yang dilakukan.Terus bagaimana caranya untuk membedakan antara nifaq besar dan nifaq kecil, penjelasan lengkapnya ada dibawah ini.

Perbedaan Nifaq Besar dan Nifaq Kecil

  • Jika nifaq besar mengeluarkan pelakunya dari agama Islam namun untuk nifaq kecil tidak mengeluarkannya dari agama Islam.
  • Nifaq kecil merupakan berbedanya yang lahir dengan yang batun dalam hal perbuatan melainkan bukan dalam hal keyakinan sedangkan nifaq besar yaitu berbedanya yang lahir dengan yang batin dalam hal keyakinan.
  • Nifaq kecil bisa terjadi dari seorang mukmin namun untuk nifaq besar tidak terjadi pada seorang mukmin.

Kiranya hanya itu pembahasan mengenai macam macam nifaq yang bisa kami berikan kepada anda semua, semoga kita selalu dijauhkan dari perbuatan tercela yang membuat kita jauh dari jalan kebenaran. Dan kami berharap juga mudah mudahan artikel ini bisa menjadi ilmu yang bermanfaat untuk kita semua.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan