8 Tips Bangun Sepertiga Malam untuk Sholat Tahajud

Tips Bangun Sepertiga Malam – Salah satu waktu yang paling utama untuk mengerjakan Shalat Tahajud yaitu pada waktu sepertiga malam atau jika dihitung dengan jam yaitu sekitar jam setengah 3. Tentunya untuk bisa melaksanakan Shalat Tahajud di waktu sepertiga malam tidak semudah yang kita bayangkan, banyak perjuangan yang harus kita lewati supaya bisa bangun sepertiga malam dan menunaikan Shalat Tahajud.

sepertiga malam

Dengan kesibukan yang setiap hari kita jalani, tentunya akan membuat badan kita terasa lelah dan ingin istirahat dengan maksimal untuk menghilangkan semua kelelahan yang ada pada tubuh kita. Dan sebagaiamana yang kita ketahui bersama, dimana waktu sepertiga malam ini kita sedang pulas pulasnya untuk beristirahat. Dan kalau boleh kami berpendapat, hanya orang orang yang mempunyai keimanan dan ketaqwaan yang tinggi yang bisa bangun pada waktu sepertiga malam untuk beribadah serta bermunajat kepada Allah.

Bagi anda yang ingin bangun sepertiga malam dan menenuaikan Shalat Sunnah Tahajud namun masih sulit untuk bangun pada sepertiga malam. Ada beberapa Tips Bangun Sepertiga Malam yang bisa anda lakukan. Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang Tips Bangun Sepertiga Malam untuk Sholat Tahajud, simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Tips Bangun Sepertiga Malam untuk Sholat Tahajud

Niat

Setiap keinginan akan tercapai dimulai dari niat yang kuat, Niatkan dalam hati untuk melakukan bangun sepertiga malam untuk menunaikan Shalat Tahajud. Sebab Waktu Shalat Tahajud yang paling utama yaitu pada waktu sepertiga malam, karena pada waktu tersebut Yang Maha Kuasa turun Arsy Nya untuk melihat siapa saja hambaNya yang sedang beribadah dan bermunajat kepadaNya.

Tidur Lebih Awal

Tips Bangun Sepertiga Malam yang lainnya yaitu dengan melakukan tidur lebih awal, seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw. Kegiatan tidur lebih awal ini bisa dilakukan menjadi kebiasaan yang baik dan juga sekaligus dapat melatih anak untuk lebih pagi juga.

Melakukan amalan sebelum tidur

Adapun amalan yang bisa anda lakukan sebelum tidur untuk menutup pintu, mematikan api atau lampu dan bejana. Seperti Sabda Nabi yang diriwayatkan oleh Jabir Bin Abdullah.

amalan sebelum tidur

Selain melakukan amalan sebelum tidur yang disabdakan oleh Nabi Muhammad Saw, anda juga bisa membaca dzikir sebelum tidur dan berbaring ke kanan yang bisa anda contohkan kepada anak anak anda.

Tidur Siang

Tips Bangun Sepertiga Malam yang bisa anda lakukan yang lainnya yaitu dengan melakukan tidur siang. Jika kesibukan anda tidak terlalu padat, pejamkan mata sebentar pada siang hari yang bertujuan untuk mengumpulkan energi saat melakukan Shalat Tahajud dimalam nanti.

Hindari Makan Terlalu Kenyang

Sebaiknya jika anda ingin bangun di waktu sepertiga malam, jangan makan malam terlalu kenyang. Sebab perut yang kenyang akan membuat hati dan badan malas untuk melakukan aktivitas atau bergerak apalagi melakukan ibadah.

Mengajak Keluarga Untuk Melakukan qiyamul lail

Maksud mengajak keluarga untuk melakukan Shalat Tahajud untuk menambah keimanan dan ketaqwaan setiap anggota keluarga juga bertujuan untuk menjadi pengingat satu dengan yang lainnya.

Konsisten

Melakukan atau mengerjakan sesuatu hal yang baru dilakukan membutuhkan perlakuan extra, salah satunya dalam mengerjakan ibadah. Supaya menumbuhkan rasa konsisten dalam melakukan Ibadah Shalat Tahajud, jika perlu anda membuat sebuah list harian yang bisa anda tempelkan pada tempat yang bisa dikontrol anda.

Memaksa Tubuh

Maksud dari memaksa tubuh disini yaitu memaksa tubuh untuk melakukan Shalat Tahajud, ada sebuah ungkapan dipaksa lalu menjadi menjadi terbiasa. Sama halnya dengan melakukan Shalat Tahajud pada waktu sepertiga malam, jika kita merasa malas untuk melakukannya paksa badan kita untuk melakukannya. Pada dasarnya rasa malas yang ada pada tubuh kita yaitu disebabkan bisikan setan yang membujuk kita untuk tidak melakukan ibadah.

Mungkin itu saja beberapa  Tips Bangun Sepertiga Malam untuk Sholat Tahajud yang bisa anda lakukan dan anda praktekan supaya bisa anda bisa melakukan Shalat Tahajud diwaktu sepertiga malam. Jangan lupa baca Niat Shalat Tahajud apabila anda ingin mengerjakan Shalat Sunnah Tahajud, untuk lebih jelasnya berikut ini Bacaan Niat Shalat Tahajud dalam bahasa arab, latin beserta artinya.

Bacaan Niat Shalat Tahajud

Niat Shalat Tahajud

Lafadzh atau Bacaan Niat Shalat Tahajud diatas bisa anda baca ketika ingin mengerjakan Shalat Sunnah ini,dan jangan lupa juga jika setelah mengerjakan Shalat Tahajud, anda membaca Doa Shalat Tahajud sebab Kesitimewaan Shalat Tahajud sangat banyak sekali.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan