Macam Macam Bacaan Shalawat Nabi Muhammad Saw

Shalawat Nabi Muhammad Saw – Pengertian shalawat merupakan bentuk jamak yang memiliki arti doa atau seruan kepada Allah SWT. Kemudian maksud membaca Shalawat Nabi Muhammad Saw yaitu salah satu bentuk kecintaan umatnya kepada beliau yang telah membawa dunia dari zaman yang gelap menjadi terang benderang. Karena Baginda Nabi juga sangat mencintai umatnya, bahkan di akhir khayatnya pun pertama yang di pikirkan beliu bukan keluarga atau saudaranya, tapi yang dipikirkan beliau adalah umatnya. Jadi sudah sepantasnya apabila kita sebagai umatnya selalu menjunjung tinggi, menghormati dan mencintai Baginda Nabi Muhammad Saw.

shalawat

Namun yang perlu diketahui, hendakya dalam membaca Shalawat kepada Nabi harus disertai dengan niat dan sikap hormat kepada Nabi. Karena menurut penjelasan hadist ((akhbar al-hadits) menjelaskan bahwa jika seseorang membaca shalawat namun tidak disertai dengan niat, rasa cinta dan rasa hormat kepada Nabi maka timbangan pahalanya tidak lebih berat ketimbang selembar sayap. Dan Baginda Nabi juga bersabda bahwa “Sesungguhnya sahnya amal itu tergantung niatnya”.

Perintah Membaca Shalawat Nabi

Dan kemudian untuk perintah membaca shalawat Nabi sendiri, dijelaskan dalam Al-Quran Surat AL-AHZAB : 56 yang penjelasan lengkapnya ada dibawah ini.

perintah shalawat

Dari ayat tersebut di jelaskan bahwa Allah dan malaikat juga bershalawat kepada Nabi yang artinya apabila Allah shalawat tersebut dari Allah berarti Allah memberi rahmat, kemudian jika dari malaikat berarti memintakan ampunanan, sedangkan jika dari orang mukmin berarti berdoa supaya diberi rahmat.

Selain perintah membaca shalawat dijelaskan pada Al-Qur’an, perintah membaca shalawat Nabi juga di jelaskan dalam hadist Nabi yang berbunyi. “Barang siapa yang bersholawat kepadaku (Muhammad) satu kali saja, maka aku  (Nabi Muhammad Saw)akan bersholawat kepadanya sepuluh kali”.

Dan untuk Bacaan Shalawat Nabi, banyak sekali macamnya. Dan kali ini kami akan mencoba menghadirkan jenis dan macam shalawat Nabi yang bisa anda baca untuk bershalawat kepada Nabi. Supaya lebih jelasnya, perhatikan Macam Macam Shalawat Nabi Muhammad Saw yang ada dibawah ini.

Macam Macam Bacaan Shalawat Nabi Muhammad Saw

Shalawat Munjiyah

Menurut para ulama, Shalawat Munjiyah sama dengan shalawat penyelamat. Hal ini dikarenakan shalawat ini mempunyai khasiat atau faidah yang sangat besar yang sudah dipraktekan oleh Syech Musa Al Dlarir. Menurut sejarah, beliau mendapatkan shalawat tersebut dari Nabi melalui mimpi.Berikut ini Bacaan Shalawat Munjiyah beserta artinya.

Shalawat Munjiyah

Shalawat Nariyah

Nama shalawat nariyah ini juga sering dikenal dengan shalawat Tafrijiyah, kami rasa untuk bacaan shalawat yang satu ini anda semua juga sudah sering membacanya. Sama halnya dengan shalawat munjiyah, shalawat nariyah juga mempunyai faidah yang besar salah satunya menghilangkan kesusahan dan kecemaasan apabila dibaca sebanyak 41 kali hingga 100 kali. Dan untuk bacaan Shalawat Nariyah, anda bisa membacanya dibawah ini.

Shalawat Nariyah

Shalawat Kamilah

Sama halnya dengan shalawat nariyah dan munjiyah, shalawat kamilah juga mempunyai faidah apabila mau dibaca atau diamlakan. Apabila shalawat kamilah dibaca satu kali, pahalanya sama dengan membaca shalawat 10.000 kali. Untuk anda yang ingin mengetahui bacaannya, anda bisa melihatnya dibawah ini.

Shalawat Kamilah

Shalawat Ibrahimiyah

Kami rasa shalawat ini setiap hari pasti anda baca, sebab bacaan shalawatnya pasti dibaca saat tasyahud akhir shalat. Dan untuk mengetahui lebih jelasnya,berikut ini bacaan Shalawat Ibrahimiyah dan artinya.

shalawat ibrahim

Shalawat Fatih

Dan shalawat terakhir yang akan kami berikan kepada anda yaitu Shalawat Fatih, kemudian untuk sejarah shalawat ini dikarang oleh Syech Sayyid Muhammad Syamsuddin ibn Abil Hasan al Bakri RA. Banyak orang yang mempercayai bahwa memiliki manfaat dan faidah yang sangat besar untuk kehidupan.

Shalawat fatih dan artinya

Kurang lebihnya hanya itu saja yang bisa kami bahas atau sampaikan untuk anda mengenai jenis dan macam macam shalawat Nabi beserta keutamaannya. Bacalah shalawat tersebut dengan niat sebagai bukti kecintaan dan rasa hormat kita kepada junjungan Nabi besar Muhammad Saw. Dan untuk menambah wawasan anda tidak salahnya apabila anda membaca ulasan artikel Bacaan Sujud Sahwi yang kami bahas dikesempatan sebelumnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan