10 Keutamaan dan Keistimewaan Hari Jumat

Keistimewaan Hari Jumat  – Sebenarnya di dalam agama Islam semua hari semuanya baik, jika ada yang baik pasti ada yang terbaik. Dan hari jumat merupakan salah satu hari terbaik dan mempunyai banyak keistimewaan dan memiliki nilai sejarah yang panjang untuk umat Islam. Kami yakin tidak sedikit orang yang biasa mengucapkan hari jumat namun tidak mengerti makna dari kata jumat itu sendiri.

jumat

Kata jumah berasal dari bahasa arab yang mempunyai arti beramai ramai yang diambil dari tata cara ibadah para kaum muslimin yang dilakukan pada hari ini. Dan salah satu hal yang identik dengan hari jumat yaitu dengan kaum laki laki muslimin, sebab di hari kelima ini para pria muslim di wajibkan untuk mengerjakan Shalat Juma’at secara berjamaah di masjid pada waktu dzuhur. Untuk mengetahui apa saja Kesitimewaan Hari Jumat, simak pembahasan informasinya dibawah ini.

Keutamaan dan Keistimewaan Hari Jumat

Hari Terbaik

Seperti yang sudah kami singgung di awal pembahasan, meskipun semua hari itu baik namun hari jumat merupakan hari terbaik diantara hari hari yang lainnya. Hal ini sesuai sabda Nabi yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah.

Waktu Mustajab Untuk Berdoa

Meskipun melihat dari hadist dan penjelasan mengenai waktu mustajab ada 2 pendapat. Namun yang terpenting di waktu hari jumat ini kita harus memaksimalkan ibadah kita, karena di hari ini waktu yang sangat mustajab untuk melakukan doa.

Sedekah Di Hari Jumat Lebih Utama dibandingkan dengan hari lainnnya

Penjelasan Kesitimewaan Hari Juma’at ini dijelaskan oleh Ibnu Qayyim. Maka dari itu jangan sia siakan pada hari jumat ini untuk melakukan sedekah.

sedekah

Pada Hari Jum’at Allah memuliakan para wali Nya di dalam surga

Sungguh luar biasa Kesitimewaan Hari Juma’at, sebab hanya di hari jumat Allah memuliakan para wali Nya di dalam surga. Ini sesuai dengan yang dijelaskan dalam QS Qaf, 35

wali wali Allah

Hari raya yang di ulang ulang setiap pekan

hari raya

Melihat hadist diatas sudah sangat jelas bahwa, Keistimewaan Hari Jumat yang lainnya yaitu hari rayanya orang muslimin.

Hari dihapusnya segala dosa dosa

Menurut hadist Nabi yang diriwayatkan oleh HR Bukhari bahwa di hari jumat di ampuni segala dosa dosa manusi umat muslim. Untuk penjelasan hadistnya, bisa dilihat dibawah ini.

dihapusnya dosa dosa

Meninggal pada hari jumat merupakan tanda tanda khusnul khatimah

Jika anda amati apabila ada seorang ulama yang meninggal dunia rata rata meninggal pada hari jumat. Apakah ulama tersebut mati khusnul khatimah? Walauhualam. Untuk hal ini sesuai dengan hadist Nabi yang dijelaskan R Ahmad dan Turmudi.

meninggal hari jumat

Jalannya orang yang shalat jumat merupakan pahala

jalannya orang shalat jumat

Betapa sangat banyaknya pahala yang di dapatkan pada hari jum’at bahkan sebelum kita melakukan ibadah pun kita akan mendapatkan pahala apabila berjalan menuju masjid untuk mengerjakan shalat jumat.

Hari paling utama di dunia

Sebab pada hari jumat ini banyak peristiwa terjadi, diantaranya pada hari jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mewafatkannya, pada hari ini juga Allah memasukan Adam ke surga dan pada hari jumat juga Allah menurunkan Nabi Adam ke bumi dan pada hari jumat juga hari kiamat terjadi. Ini sesuai dengan penjelasan hadist Nabi yang diriwayatkan HR Muslim

hari paling utama

Demikianlah pembahasan mengenai Keutamaan dan Keistimewaan Hari Jumat yang bisa kami berikan kepada anda semua, kami berharap adanya pembahasan artikel ini bisa menambah wawasan anda seputar dunia Islam. Dan jangan lupa baca juga Doa Supaya Dapat Melunasi Hutang, apabila anda sedang terlilit dengan masalah utang piutang

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan