Keistimewaan,Hikmah dan Manfaat Puasa Ramadhan

Manfaat Puasa Ramadhan – Puasa Ramadhan merupakan puasa yang dikerjakan oleh setiap umat muslim yang ada di dunia pada waktu bulan ramdhan selama satu bulan atau kurang lebih 30 hari. Dan Puasa ramadhan sendiri merupakan pelaksanaan dari rukun Islam yang ke empat, dimana setiap orang yang mengerjakan puasa secara ikhlas dan iman semua kesalahan atau dosa dosa yang telah dikerjakan akan di ampuni oleh Allah SWT. Walauhaalam.

manfaat puasa ramadhan

Untuk Hukum Puasa Ramadhan sendiri hukumnya wajib bagi setiap muslim yang sudah memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh syariat agama diantaranya baligh, berakal, tidak bersafar dan dalam keadaan sehat. Dan untuk dalil yang menunjukan Hukum Puasa Ramadhan wajib, anda bisa melihatnya dalam QS. Al Baqarah : 183 dan hadist Nabi.

perintah puasa

Melihat penjelasan dalil diatas, sudah jelas bahwa Hukum Puasa Ramadhan yaitu wajib bagi mereka yang sudah memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh syariat Islam. Jadi untuk anda yang sudah merasa sudah memenuhi Syarat Puasa Ramadhan namun tidak mengerjakan Puasa Ramadhan maka anda akan mendapatkan dosa, sebaliknya jika anda mengerjakannya akan mendapatkan pahala yang sangat besar dari Allah SWT. Sebab bulan ramdhan merupakan bulan suci yang memiliki banyak keistimewaan dan keutamaan jika dibandingkan dengan bulan yang lainnya. Berikut ini Keutamaan Bulan Ramadhan yang perlu anda ketahui.

Keutamaan Bulan Ramadhan

Kitab Suci Al-Qur’an di turunkan pada bulan ini(Ramadhan)

Kami rasa bagi anda semua pasti sudah mengetahui kapan pertama kali Al Qur’an diturunkan, ya tepatnya pada tanggal 17 ramdhan. Maka dari itu setiap tanggal 17 ramadhan sering diadakan acara nuzulul qur’an sebagai tanda memperingati hari turunnya Al-Qur’an.

Pintu langit dibuka selebar lebarnya sementara pintu neraka ditutup

Keutamaan Bulan Ramadhan yang kedua yaitu Pintu langit dibuka selebar lebarnya sementara pintu neraka ditutup. Hal ini dijelaskan oleh Nabi dalam hadistnya yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim

Pintu Langit Dibuka

Segala dosa diampuni

Sudah menjadi rahasia umum bagi umat Islam bahwa bulan ramadhan merupakan bulan yang sangat istimewa, dimana segala dosa di ampuni dan siapa saja yang melakukan kebaikan pahalanya akan dilipat gandakan. Seperti yang pernah  Rasulullah Saw jelaskan pada sebuah hadist yang di riwiyatkan oleh Bukhari dan Muslim yang ada dibawah ini.

Bukhari dan Muslim

Adanya malam lailatu qadar

Sudah menjadi rahasia umum, salah satu keutamaan bulan ramadhan yaitu adanya malam kemulian atau malam lailatul qadar yang merupakan malam dimana keistimewaannya lebih baik dari seribu bulan. Karena keistimewaan malam lailatu qadar, banyak umat Islam yang ingin menjumpai malam ini. Berikut ini dalil yang menjelaskan keistimewaan malam lailatul qadar.

Itulah beberapa Keutamaan Bulan Ramadhan yang bisa anda ketahui, jadi tidak heran jika banyak umat Islam selalu rindu akan bulan suci ini.Selanjutnya untuk Hikmah Melaksanakan Puasa Ramadhan, anda bisa melihat pembahasan lengkapnya ada dibawah ini.

Hikmah Melaksanakan Puasa Ramadhan

Melatih disiplin waktu

Seperti yang kita ketahui bersama, puasa merupakan ibadah yang diharuskan untuk menahan minum dan makan serta menahan hawa nafsu. Jadi supaya badan kita tetap sehat dan mampu beraktivitas seperti biasanya meskipun dalam keadaan puasa, maka dari itu kita diharuskan tidur lebih teratur. Dan bangun dipagi hari untuk menyantap sahur, juga salah satu kedisiplinan kita dalam bangun pagi.

Keseimbangan dalam hidup.

Pada dasarnya manusia diciptkan di dunia hanya untuk beribadah kepada Allah, akan tetapi karena berbagai macam urusan khususnya urusan duniawi kita sering melupakan kewajiban kita untuk beribadah kepada Allah. Maka dari itu melakukan Puasa Ramadhan diharapkan kita terlatih kembali untuk mengerkan setiap kewajiban kita kepada Allah.

Mempererat persaudaran dan talisilaturahmi

Agama Islam selalu mengajarkan kepada umatnya untuk selalu menjaga persaudaraan antar umat Islam, rasa persaudaran tersebut akan sangat terlihat ketika pada bulan  ramdhan. Dan contoh yang paling sederhana yang sering anda lihat yakni banyaknya saudara kita yang memberikan tajil perbukaan puasa gratis kepada sesama meskipun tidak kenal.

Memberitahu bahwa sebuah ibadah memiliki sebuah tujuan

Seperti yang kita ketahui bersama tujuan puasa yakni melatih diri untuk dapat menghindari segala dosa dosa di hari yang lalu. Jika kita bisa menghindari segal dosa dosa yang telah pebuat pada hari yang lalu, berarti tujuan puasa kita tercapai dan berhasil.

Setiap kegiatan baik merupakan ibadah

Kegiatan apa pun yang dilakukan pada bulan puasa ramdhan selagi kegiatan tersebut baik maka kegiatan tersebut akan dicatat sebagai ibadah, bahkan tidurnya orang puasa pun akan dicatat sebagai ibadah. Sungguh sangat besar bukan keistimewaan atau faidah pada bulan puasa ramadhan.

Kurang lebihnya itu saja pembahasan mengenai Hikmah Melakukan Puasa Ramadhan yang bisa anda ketahui. Dan setiap hal yang diperintahkan oleh Allah dan Nabi Saw,kami yakin pasti memiliki sebuah tujuan dan manfaat, sama halnya dengan perintah puasa ramadhan. Ternyata dibalik perintah tersebut, terdapat sebuah manfaat yang banyak salah satunya yakni untuk kesehatan. Ingin tahu apa saja Manfaat Puasa Ramadhan untuk kesehatan, langsung lihat pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Manfaat Puasa Ramadhan

Meningkatkan fungsi otak

Siapa sangka, dibalik menahan haus dan lapar ternyata ada sebuah manfaat yang sangat besar yang akan didapatkan yaitu Meningkatkan fungsi otak. Sebab pada saat puasa neutropik yang di turunkan atau dikeluarkan dari otak akan mengalami peningkatan. Kondisi tersebut membuat tubuh akan memproduksi sel otak lebih banyak dari pada biasanya yang membuat kinerja otak meningkat.

Dapat menurunkan kadar kolestrol

Menurut sebuah penelitian mengungkapkan bahwa setiap orang yang melakukan puasa akan mengalami penurunan kadar kolestrol yang tidak baik atau jahat yang ada di dalam darah. Jika kadar kolestrol jahat turun, maka hal tersebut dapat mengurangi resiko penyakit jantung ataupun stroke.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mungkin secara teori puasa membuat kita lemas karena tidak makan atau minum dalam waktu beberapa jam. Tetapi sebenarnya melakukan puasa memiliki manfaat dapat membuat tubuh lebih sehat serta kebal terhadap penyakit. Hal ini dikarenakan orang yang berpuasa akan mengalami peningkatan limfosit yang mencapai 10 kali lipat. Dengan peningkatan limfosit tersebut akan berpengaruh sangat baik dan menyebabkan tubuh kebal dari serangan virus.

Menetralkan racun

Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan yang bisa anda ketahui selanjutnya yaitu dapat menetralkan racun, hal ini dikarenakan saat puasa tubuh akan melakukan detoksifikasi dari sistem pencernaan tubuh. Di saat tubuh menggunakan cadangan lemak untuk menjadikan sebuah energi, proses ini lah yang akan membakar setiap racun berbahaya yang ada didalam tubuh

Demikianlah pembahasan artikel mengenai Keistimewaan,Hikmah dan Manfaat Puasa Ramadhan yang bisa anda ketahui, semoga dengan adanya ulasan artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda. Kemudian untuk anda yang saat ini juga sudah ingin mengetahui niat shalat tahajud dan bacaan doanya, anda bisa membaca pembahasan artikelnya secara lengkap di ulasan artikel sebelumnya

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan