Perkara dan Hal Yang Menghalangi Rezeki Turun

Hal Yang Menghalangi Rezeki Turun – Bicara tentang rezeki pasti yang terlintas pada benak kita yaitu sebuah uang atau harta, padahal sebenarya makna rezeki itu sangat luas tidak hanya uang atau harta saja. Menurut artikel yang saya baca di situs muslim.or.id, bahwa rezeki yang Allah berikan kepada makhluknya ada du macam yakni rezeki yang sifatnya umum dan rezeki yang sifat khusus.

Hal Yang Menghalangi Rezeki Turun

Rezeki yang sifatnya umum

Dan rezeki yang sifatnya umum yaitu segala hal yang memberikan manfaat bagi badan seperti harta, kendaraan, rumah dan masih banyak yang lainnya baik itu dari berasal yang halal maupun haram. Dan rezeki yang sifatnya umum ini Allah berikan kepada seluruh makhlukNya yang muslim maupun yang kafir. Dan pemberian jenis rezeki yang pertama ini tidak menunjukan atau memperlihatkan kemulian seseorang di sisi Allah. Sebagaiaman Firman Allah SWT dalam surat (QS. Al Fajr :15-16).

 firman Allah

Salah satu ulama Islam yang bernama Imam Ibnu Katsir rahimahullah menjelaskan bahwa jika meluaskan atau memudahkan rezeki mereka yaitu dengan tujuan untuk menguji mereka dengan pemberian rezeki tersebut. Dan kebanyakan saat ini banyak orang yang menganggap bahwa rezeki yang diberikan oleh Allah terhadap dirinya merupakan bentuk pemuliaan terhadap mereka. Akan tetapi sebenarnya bukanlah demikian, karena rezeki tersebut sesungguhnya ujian bagi mereka. Sesuai dengan firman Allah dalam Al-Qur’an

firman Allah SWT

Namun juga sebaliknya, bagi mereka yang dipersempit rezekinya menyangka Allah menginakan dirinya. Pada hakekatnya Allah memberikan harta atau rezeki kepada mereka yang Allah cintai maupun kepada mereka yang tidak Allah cintai. Dan juga sebaliknya, Allah juga akan menyempitkan rezeki kepada mereka yang Allah cintai dan mereka yang tidak Allah cintai. Sebenarnya besar atau kecilnya rezeki duniawi yang diterima adalah ujian semata, yang tidak bisa dijadikan standard kecintaan Allah terhadap hamba.

Rezeki yang sifatnya khusus

Untuk pengertian rezeki yang sifatnya khusus yaitu sesuatu yang membuat tegak agama seseorang. Untuk jenis kategori rezeki ini biasanya berupa amal shaleh, ilmu yang bermanfaat dan semua rezeki halal yang menjadikan seseorang lebih taat kepada Allah. Dan rezeki yang sifatnya khusus ini biasa Allah berikan kepada orang orang yang dicintaiNya. Atau bisa dikatakan rezeki jenis ini diberikan Allah untuk hanya orang mukmin. Sebagaimana yang dijelaskan Allah pada firmanNya yang ada dibawah ini.

 dalil dan firman Allah

Saya rasa pembahasan mengenai jenis rezeki beserta artinya cukup sampai disin, pada hakikatnya setiap mahluk hidup yang ada dibumi ini akan mendapatkan porsi rezekinya masing masing. Namun yang perlu anda ketahui juga ada beberapa Hal Yang Menghalangi Rezeki Turun. Untuk mengetahui lebih jelasnya, mari simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Hilangnya rasa tawakal

Salah satu Hal Yang Menghalangi Rezeki Turun yaitu hilangnya rasa tawakal kepada Allah. Maksud dari hilangnya rasa tawakal yaitu kita tidak lagi menggantungkan diri kepada selain Allah, melakukan usaha namun tidak dikaitkan dengan Allah. Padahal setiap yang akan diberikan Allah sesuai dengan prasangka hambaNya. Hal ini sesuai dengan firman Allah yang ada pada QS Ath-Thalaq [63]: 3.

Maka dari itu sudah sepatutnya apabila kita diberikan kelancaran rezeki, maka selalu yakin kepada Allah serta memohon kepada Allah semata tidak boleh memohon kepada selain Allah, sebab hanya Allah yang dapat memberikan rezeki bagi mahlulk-Nya.

Perkara dan Hal Yang Menghalangi Rezeki Turun

Lupa atau lalai dengan kewajiban

Sering kali alasan melakukan kesibukan menjadi faktor atau penyebab utama hubungan kita kepada Allah makin menjauh. Pekerjaan yang banyak dan waktu yang sibuk membuat kita sering lalai terhadap kewajiban kita terhadap Allah seperti mengerjakan shalat, lupa mendidik keluarga, mengaji dan lain sebagainya. Seperti yang diterangkan pada firman Allah dalam QS. Al Munafikun: 9 bahwa orang yang lalai termasuk orang yang merugi, maka jika kondisinya seperti itu maka tidak heran jika rezeki kita akan terhalang atau tersumbat.

QS. Al Munafikun

Mempunyai sifat pelit

Sudah kita ketahui bersama bahwa sifat pelit akan membuat hidup semput dan rezeki mampet. Namun sebeliknya melakuka sadakah merupakan penolak bahala yang dapat melipatgandakan rezeki. Seperti pada firman Allah yang ada pada QS. Ali Imran: 180 yang bunyinya anda bisa lihat dibawah ini.

QS. Ali Imran 180

Tidak peduli dengan halal dan haram

HR Muslim

Mungkin yang namanya rezeki yang berbentuk uang atau harta lainnya kita dapatkan, namun yang menjadi pertanyaannya apakah uang yang kita dapatkan berkah? Biasanya uang yang tidak berkah akan hilang secara sia sia dan tidak membawa ketenangan.

Sering berbuat maksiat

Dan Hal Yang Menghalangi Rezeki Turun yang terakhir yaitu seringnya kita melakukan berbuat maksiat. Banyak sekali dosa dosa besar yang dapat menghalngi rezeki turun, lebih jelasnya anda bisa melihat dibawah ini.

doa besar

Kiranya hanya itu saja yang bisa kami bahasa mengenai  Hal Yang Menghalangi Rezeki Turun yang bisa kami berikan kepada anda semua, sekedar mengingatkan selain menjauhi hal yang dapat menyebabkan rezeki terhalang atau tersumbat. Jangan lupa juga berdoa kepada Allah supaya di beri rezeki yang barakah dan halal, serta dilancarkan setiap urusannya

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan