Waktu dan Cara Berdoa Supaya Dikabulkan Allah SWT

Cara Berdoa Supaya Dikabulkan Allah SWT – Menurut agama Islam doa adalah suatu permintaan atau permohonan yang bersifat baik kepada Allah SWT Tuhan penguasa langit dan bumi seperti meminta kesalamatan, rezeki yang halal dan barakah dan masih banyak yang lainnya. Dan hendaknya kita sebagai manusia harus tidak pernah putus dalam berdoa, sebab manusia tidak punya kekuatan untuk menjalani kehidupan di dunia jika tanpa bantuan dari Allah.

berdoa

Dan Nabi Muhammad pun saat menyebarkan agama Islam selalu tidak pernah berdoa kepada Allah supaya selalu diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi setiap cobaan dan tantangan. Pada hakikatnya Allah juga sangat menyukai hambaNya yang mau bersimpuh pasrah kepadaNya untuk berdoa secara tulus. Karena memang hanya Allah lah yang bisa mengabulkan setiap harapan dan permintaan kita. Adapun tujuan dari berdoa, yang bisa anda lihat penjelasannya ada dibawah ini.

Tujuan Berdoa

  • Meminta atau memohon perlindungan kepada Allah dari semua tipu daya serta gangguan setan yang terkutuk
  • Memohon atau meminta supaya diberi bimbingan untuk selalu berjalan pada jalan yang lurus dan ridhai Allah.
  • Memohon atau meminta supaya diberi keselamatan dunia dan akhirat
  • Tujuan berdoa yang lainnya juga sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah atas apa yang telah diberikanNya.

Itulah sedikit pembahasan mengenai tujuan berdoa yang bisa anda lihat dan anda pahami, kemudian di dalam Islam sendiri juga menjelaskan ada waktu waktu yang mustajab untuk bermunajat atau berdoa kepada Allah SWT. Berikut ini waktu mustajab untuk berdoa yang bisa anda lihat dan anda pahami.

Waktu Mustajab Untuk Berdoa

  1. Saat membaca Kitab suci Al-Qur’an
  2. Sehabis shalat, khususnya shalat wajib
  3. Saat tengah malam atau pada waktu shalat tahajud
  4. Ketika saat berpuasa baik itu puasa wajib maupun puasa sunah
  5. Ketika melaksanakan ibadah haji

Kurang lebihnya itu saja pembahasan tentang waktu mustajab untuk berdoa, setelah melihat waktu mustajab untuk berdoa jangan sampai anda sia siakan waktu tersebut untuk tidak berdoa kepada Allah. Mungkin yang menjadi pertanyaan banyak orang saat ini, kenapa doa saya belum dikabulkan sama Allah? Untuk mengetahui penjelasannya, simak tata cara berdoa supaya dikabulkan oleh Allah SWT.

Pada dasarnya inti dari berdoa yaitu memohon atau meminta kepada Tuhan Yang Maha Esa yaitu Allah SWT terhadap apa yang kita inginkan atau kehendaki, sudah sewajibnya atau sepatutnya bagi orang yang meminta kepada Tuhannya harus bersikap sopan beradab. Ya contoh simplenya saja, anda meminta atau memohon kepada orang tua untuk dibelikan sebuah motor atau baju. Jika kita dalam meminta kepada orang tua secara tidak sopan atau tidak beretika apakah permintaan kita akan dituruti.? Saya rasa jawabannya semua pasti tidak diberi, sebab orang tua tidak suka dengan anak yang tidak sopan. Akan tetapi sebaliknya jika anda meminta kepada orang tua dengan rasa hormat dan sopan santun serta dengan suara yang halus maka jika orang tua anda mampu memberikan pasti keinginan anda pasti di penuhi oleh orang tua anda.

Dan begitupun ketika kita memanjatkan sebuah permintaan kepada Allah Sang pemilik kerjaaan yang ada di langit dan bumi. Pastinya harus dengan cara yang beradab dan penuh kehusyuan. Pada intinya dan terpenting dalam berdoa yaitu berserah kepada Allah tidak doa yang memaksa harus dikabulkan. Berikut ini tata cara berdoa supaya dikabulkan oleh Allah SWT, yang bisa anda pahami dan anda praktekan.

Cara Berdoa Supaya Dikabulkan Allah SWT

  • Jauhkan diri dari segala sesuatu yang haram baik itu makanan yang dimakan, pakian yang dipakai dan lain sebagainya.
  • Ikhlas dan pasrah karena Allah SWT
  • Ambi wudhu terlebih dahulu sebelum berdoa
  • Shalat dua rakaat
  • Sebelum berdoa, panjatkan puja dan puji kepada Allah SWT.
  • Panjatkan shalawat serta salam kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW.
  • Buka dan angkatlah kedua tangan supaya sejajar dengan pundak kemudian ucapkan doa.
  • Khusu, sopan dan merendahkan diri di hadapan Allah SWT
  • Ucapkan doa dengan suara yang lirih dan lembut
  • Mengakui segal dosa dosa yang telah diperbuat
  • Mengulang ulang bacaan doa secara sungguh sungguh
  • Tidak boleh berdoa tentang hal yang tidak baik atau mengandung dosa
  • Mohonlah semua hajat yang di inginkan.

Demikianlah ulasan artikel tentang tata cara berdoa suapaya dikabulkan Allah SWT, cara tersebut bisa anda amalkan anda praktekan saat anda berdoa kepada Allah. Baik itu saat ber doa supaya cepat mendapat pekerjaan dan lain sebagainya, yang penting doa tersebut mengandung sebuah kebaikan.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan